Saturday, March 5, 2016

Gandeng ACM Yogyakarta dan Microsoft, STMIK A. Yani Gelar Workshop Game Pendidikan

Teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian penting di berbagai aktivitas manusia. Di bidang pendidikan, TI digunakan untuk e-learning, media belajar/mengajar, otomasi layanan dan administrasi pendidikan, computer based test (ujian berbasis komputer), dan lain-lain. Khususnya dalam proses belajar/mengajar (PBM), variasi pemanfaatan TI telah merambah penggunaan game (permainan) untuk pendidikan. Education game atau game pendidikan makin populer seiring dengan meluasnya penggunaan gadget berupa tablet dan ponsel pintar.
Berpijak pada fenomena di atas, STMIK A. Yani bersama Association Computing Machinery (ACM) chapter Yogyakarta akan menyelenggarakan Education Game Development Workshop (Pelatihan Pengembangan Game Pendidikan). Kegiatan ini ditujukan bagi para pengajar di Yogyakarta, baik dari perguruan tinggi maupun jenjang pendidikan di bawahnya. Pelatihan berdurasi 8 jam ini akan dilaksanakan di laboratorium komputer STMIK A. Yani, pada Senin depan (22/2/2016).
Ketua ACM Yogyakarta, Ir. Insap Santosa, Ph. D., pada momen audiensi dengan Ketua STMIK A. Yani mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai sumbangan ACM kepada masyarakat pendidikan di Yogyakarta. Insap Santosa yang juga dosen Fakultas Teknik UGM ini mengatakan bahwa ACM Yogyakarta akan didukung oleh Microsoft Innovation Centre yang sebagai pemberi materi pelatihan.
Pada kesempatan audiensi tersebut, Edhy Tri Cahyono, S. Si., M. M. selaku Ketua STMIK A. Yani menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah. Dikatakannya, laboratorium komputer kampus milik Yayasan Kartika Eka Paksi ini telah beberapa kali digunakan untuk kegiatan pelatihan komputer bagi pihak luar kampus. STMIK A. Yani selalu terbuka bagi masyarakat, dan siap mendukung berbagai kegiatan terkait bidang TI. Lebih dari sekadar menyediakan lab komputer, STMIK A. Yani juga mempunyai program-program pengabdian pada mayarakat berupa pelatihan-pelatihan terkait pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi.

No comments: